top of page

Group

Public·13 members

Contoh Surat Somasi Perdata.pdf High Quality


Biasanya somasi diterapkan atas perkara ingkar janji atau wanprestasi yang sudah tertulis di atas kontrak. Tidak hanya itu, somasi juga diterapkan dalam perkara atau kasus-kasus pidana seperti penggelapan, penipuan, dll. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai somasi seperti pengertian somasi, hal-hal yang menimbulkan somasi dan contoh dari somasi.




Contoh Surat Somasi Perdata.pdf



Somasi biasanya dikeluarkan sebanyak tiga kali dalam rentang waktu masing-masing selama tujuh hari. Jika setelah somasi ketiga pihak yang diberikan somasi tidak menggubris makan akan dilakukan penuntutan hukum, boleh secara perdata atau pidana. Hal-hal yang harus dimuat dalam surat somasi adalah; hal yang dituntut seperti pembayaran, dasar tuntutan dan tanggal untuk tenggat waktu pembayaran. Di bawah ini adalah salah satu contoh surat somasi.


4. Lalu, J. Satrio menjelaskan, pada saat ini doktrin maupun yurisprudensi menganggap bahwa somasi itu harus berbentuk tertulis dan tidak perlu dalam bentuk otentik. Teguran dengan surat biasa sudah cukup untuk diterima sebagai suatu somasi. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka apabila pengacara A hendak memberikan somasi, ia cukup mengirimkan surat somasi tersebut ke tempat si B (debitur) berdomisili, yaitu ke alamat rumahnya di Bogor, karena tidak ada ketentuan yang mengharuskan pemberi somasi untuk bertemu secara langsung dengan penerima somasi ketika menyerahkan surat somasi.


untuk melayangkan gugatan kepada pengadilan, disarankan untuk memberikan surat peringatan terhadap tergugat sebanyak 3 kali,poin untuk penekanan pihak lain dapat diliat di Bahwa menurut pasal 3 ayat (1) dari perjanjian yang telah disetujui oleh kedua belah pihak, saudara telah berjanji akan menyerahkan bangunan tersebut untuk dapat dipergunakan kepada klien kami selambat-lambatnya pada tanggal 30 Desember 2007.Lalu dengan ini kami atas nama klien kami mengirimkan somasi ini agar saudara dapat memenuhi bunyi pasal 3 ayat(1) dari perjanjian nomor 551/25.46/2007 tanggal 1 Mei 2007 yang telah saudara tanda tangani sendiri.


terima kasih, karena saat ini saya pingin mengirimkan somasi dan sedang konsul ke advokad jadi kalau somasi bisa dibuat sendiri, langkah berikutnya apa kalau si pembuat pernyataan tetap ingkar.dan apakah surat ini boleh di cc kan para saksi karena para saksi membela si pembuat pernyataan yang ingkar janji.


Terima kasih atas contoh surat somasinya.Sekarang ini saya benar2 mbutuhkan contoh surat tersebut.Kasus yang sedang saya alami yaitu wanprestasi pemborong terhadap rumah yang saya tugaskan kepada pemborong tersebut untuk membangunnya.Surat Perjanjian Kerja kami sejak 1 Juni 2009, di surat tersebut tertera bahwa pelaksanaan pekerjaan selama 4 bulan kalender sejak tanggal 1 Juni tersebut, yang artinya pada tanggal 1 Oktober seharusnya rumah saya sudah harus selesai.Namun, sampai dengan saat ini pemborong tersebut belum juga menyelesaikannya. Kemungkinan kira2 masih 40% lagi yang belum diselesaikan.Saya sangat kebingungan harus berbuat apa.Saya pernah membuatkan surat pernyataan dan pemborong tersebut saya minta untuk menandatangani surat tersebut, isinya bahwa pemborong akan menyelesaian sebelum deseember 2009. Namun, sampai saat ini belum ada perubahan.Mohon saran apa yang harus saya lakukan.


Saya bukan orang hukum, namun di kegiatan saya sekarang memaksa berhubungan dengan hukum. Yang mau saya tanyakan, sifat daru surat somasi itu boleh/tidak boleh diberi tembusan? Atau hanya bersifat khusus ditujukan kepada pihak yang kita somasi? Mohon penjelasannya, dan atas bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih.


Surat somasi boleh diberi Tembusan, dan tidak ada sifat khusus hanya ditujukan kepada pihak yang disomasi, hanya somasi memang bertujuan setahu gw surat untuk memberikan peringatan kepada orang yang melakukan wanprestasi (pihak yang merugikan). Semoga membantuu


Saya sendiri malah menjadi pihak yang menerima surat somasi.ceritanya singkatnya begini, pemborong pembangunan rumah saya tidak menepati janji penyelesaian rumah kami dan sebesar Rp 325juta sudah kami transfer/bayarkan di muka kpd si pemborong. Ternyata dana untuk pembangunan rumah kami telah di salah-gunakan entah untuk apa. Singkat cerita saya minta si pemborong membuat surat pernyataan hutang sebesar Rp.200 juta yang harus dia kembalikan dalam jangka waktu 3 bulan. Namun hingga waktu jatuh tempo yang diberikan, uang yang dikembalikan baru berjumlah Rp. 14 juta. dan si pemborong menghilang alias susah dihubungi dan selalu tidak berada di rumah saat kami datang untuk menagih.


sekarang kan kemungkinan udah sarjana jadi surat somasinya diperbaikin donk. kasian sama anak2 yang ngambil contoh surat somasi tapi banyak kekurangannya disana-sini. ada beban moral dari setiap karya yang dihasilkan oleh anak hukum. khususnya beban terhadap orang2 yang meminta saran ke kamu. kamu bisa dituntut karena memberikan saran yang kurang tepat. mungkin untuk kamu blog ini hanya iseng2 tapi tidak untuk mereka yang meminta saran, dan kebanyakan masalah yang dimintakan saran adalah kasus2 yang cukup serius.


mau tanya Pak, saya pernah ikut dalam Bisnis Network, saya mendapatkan hak 5 buah mobil dan bonus yang belum dibayar pihak perusahaan, saat perusahaan mencapai kejayaannya, malah perusahaan tutup sepihak, apa saya tetap bisa mengklaim hak saya ? pemilik perusahaan Jelas membawa uang member pak dengan janji yang tidak dipenuhinya/menipu member. bisakah saya melakukan somasi, karena pemilik perusahaan pernah membuat surat perjanjian dengan saya. terima kasih


Maaf mba saya kurang faham hukum kalau somasi contoh ke Lurah boleh tidak tembusanya ke DPRD, bupati dan camat. Krn sy ada maslah dgn lurah dan ada bukti2nya lengkap sy sdh bosan tlp dan sms sebenarnya lurah tsb teman saya tksh.


bapak ibu sekalian, saya mau ada sedikit pertanyaan.Bagaimana cara penyerahan surat somasi kepada org yang mau kita somasi, harus kita serahin sendiri atau boleh melalui POS. Karena apa bila pihat tersomasi tidak mau menerima surat tsb dan tidak mau ttd di surat tanda terima, akibat nya gimana ya pak ibu ?


Sebelum ia menempuh upaya hukum dengan pelaporan pidana, pada umumnya bila ia didampingi oleh kuasa hukum maka akan menempuh terlebih dahulu cara-cara kekeluargaan dan mengingat kasus ini melibatkan orang-orang dalam keluarga, bisa dengan mengirimkan surat somasi (surat peringatan hukum) yang dikirimkan oleh Pengacara/kuasa hukum si Istri kepada suaminya, yang diduga melakukan tindakan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga).


Mengutip dari situs LSC BPHN, somasi adalah teguran dari berpiutang (kreditur) kepada si berhutang (debitur) agar dapat memenuhi prestasi sesuai dengan isi perjanjian yang telah disepakati antara keduanya. Somasi atau teguran atas tindakan ingkar janji berupa penyerahan surat peringatan (somasi) kepada debitur merupakan langkah yang dapat diambil apabila terjadi wanprestasi.


Apabila masih tidak memberikan penyelesaian yang tidak memuaskan, ancaman kreditur sudah menjadi sangat tegas dengan menyampaikan somasi ketiga. Kreditur hanya memberikan dua pilihan yakni laksanakan atau digugat. Dan jika somasi ketiga tidak memberikan penyelesaian juga, barulah kreditur dapat meminta pengacara untuk membuat surat gugatan ke Pengadilan untuk menuntut pembatalan kontrak, bila memang dirugikan sekaligus menuntut ganti rugi.


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika ada banyak contoh somasi, salah satunya seperti contoh somasi perbuatan melawan hukum. Namun meski sudah banyak contohnya, Anda juga tetap perlu mengetahui hal-hal harus diperhatikan ketika membuat somasi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam membuat surat somasi tersebut:


Di dalam keluarkan somasi, tentukan permasalahan serta sampaikan fakta merupakan hal penting. Contoh somasi pidana, permasalahan pidana apa yang menyebabkan diberi surat somasi, serta fakta apa saja yang mendukung. Di dalam mengeluarkan surat somasi, pernyataan yang dinyatakan perlu untuk sesuai fakta yang memang terjadi. Fakta adalah hal penting untuk tentukan tujuan somasi itu dikeluarkan. Apabila surat somasi hanya berdasarkan pendapat atau opini, maka somasi menjadi sangat mudah dipatahkan.


Sebagai pihak yang keluarkan somasi pastinya tak ingin jika somasi mudah untuk dipatahkan atau bahkan yang sebaliknya, dikirimkan surat somasi. Mempelajari mengenai perjanjian serta berbagai dokumen merupakan cara yang dapat untuk dipakai memahami tentang proses serta tentukan akar masalah. Dari itulah bisa ditentukan jika debitur ingkar janji ataupun tidak.


Di dalam surat somasi ada hal-hal yang bisa diminta seperti membayar hutang dalam contoh somasi hutang, membayar ganti rugi, penuhi perjanjian ataupun akhiri perjanjian. Setiap permintaan itu haruslah disertai alasan tepat agar tak timbulkan masalah tak diinginkan pada kemudian hari. Kerap kali pihak yang beri somasi malah digugat balik di pengadilan, di mana itu akan sangat merugikan bagi pemberi somasi.


Bila proses somasi menggunakan jasa Advokat, maka diperlukan surat kuasa dan surat somasi biasanya menggunakan KOP Surat dari Kantor Advokat yang dipilih sebagai domisili hukum untuk penyelesaian masalah ini. Selain itu, pastikan Surat Somasi yang dikirim memiliki tanda terima untuk memastikan surat diterima oleh pihak yang bersangkutan.


Sesuai pertanyaan di awal paragraf, apakah somasi harus dijawab? Jawabannya adalah ya. Secara hukum, somasi akan dikirimkan secara 3 kali apabila pada somasi pertama dan kedua, debitur tidak menanggapi surat somasi yang diberikan, dan jika somasi yang ketiga masih tidak ditanggapi, itu berarti debitur tidak menunjukkan adanya itikad baik terhadap perjanjian yang sudah disepakati.


Tak ada kewajiban untuk selalu balas surat somasi, tapi tetap disarankan untuk Anda tanggapi atau balas somasi secara tepat mengingat ada undang-undang berlaku. Sebab jawaban perlu diberikan di dalam kurun waktu yang sudah disebut di dalam surat somasi, maka usahakan untuk jangan terlambat membalas.


Bacalah secara cermat isi pemberitahuan secara hati-hati, cermati juga apakah Anda lakukan pelanggaran pada perjanjian yang sudah dibuat dengan pihak tersebut. Baca dengan teliti keseluruhan isi dari surat perjanjian yang pernah dibuat yang mempunyai kaitan dengan hal yang dipermasalahkan di dalam surat somasi. Apabila Anda berpikir jika somasi itu tak akurat ataupun bisa digugat serta memerlukan bantuan hukum, hubungi serta konsultasikanlah dengan pengacara.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page